Kamis, 12 Maret 2015

MENGGAMBAR HANTU PADAHAL TAKUT

Cilacap merupakan salah satu kota yang ada di wilayah Jawa Tengah bagian selatan yang terkenal dengan Pulau Nusakambangannya (Pulau Penjara),  di kota itulah peneliti dilahirkan. Tempat dimana peneliti memulai berinteraksi, bersosialisasi dan berekspresi, baik di dalam lingkup keluarga maupun di lingkungan masyarakat.
Awal mula ketertarikan peneliti terhadap dunia seni rupa yaitu dari seringnya menonton karya lukisan seorang tetangganya yang berprofesi sebagai pelukis. Salah satu karya lukisan realis beliau yang menginspirasi peneliti berjudul "Senyuman Nyi Roro Kidul" dalam artikel yang dimuat di nyirorokidul.com menyatakan bahwa Nyi Roro Kidul diyakini sebagai Ratu penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul dipercaya sebagai istri ghaib (kasat mata) para raja dari Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta.
Pada pertengahan tahun 2009, peneliti menempuh pendidikan tinggi seni rupa dan desain di kota Yogyakarta. Menggambar dan mewarnai menjadi rutinitas sehari hari, baik manual maupun digital. Mendesain karakter adalah salah satu kegiatan yang paling peneliti gemari, terutama karakter yang bertema hantu dan monster (Makhluk fiksi yang mempunyai bentuk diluar kewajaran).
Karena seringnya peneliti bergaul dengan seorang teman yang senang bercerita tentang makhluk-makhluk ghoib (kasat mata), membuat peneliti makin terinspirasi. Sebagai seorang peneliti yang sama sekali tidak bisa melihat hal-hal yang kasat mata, cerita-cerita tersebut dapat memberikan inspirasi tentang bagaimana bentuk, sifat dan sejarah dari makhluk ghoib. Salah satu pengalaman yang pernah beliau lihat adalah cerita tentang hantu bertopeng kayu warna merah yang hidungnya panjang seperti tokoh Pinokio, menurutnya makhluk tersebut kerap muncul disebuah pendopo gamelan disalah satu daerah di Kota Ponorogo Jawa Timur. Maka dari itu desain-desain karakter yang sering dibuat oleh peneliti lebih tertuju pada bentuk-bentuk yang sifatnya menyeramkan.
Pada bulan September 2011, saat peneliti sedang semangat-semangatnya mendesain. Peneliti mulai membuat sket-sket karakter di kertas A4. Sangat dibutuhkan ketenangan dan kesabaran dalam setiap prosesnya, karena jika pikiran tidak tenang dan kurang kesabaran maka akan banyak kesalahan dalam proses sket. Peneliti menggunakan Drawing Pen 0,1 mm dan 0,3 mm untuk pembuatan outlinenya. Kemudian proses pewarnaan dilakukan menggunakan program Photoshop CS3 dan mouse. Seluruh sket karakter yang telah jadi bentuknya lebih mirip seperti Zombie (Menurut buku Zombie Autopsies zombie adalah manusia tanpa jiwa). Akhirnya pada bulan Januari 2012, 12 karya karakter desain selesai digarap, lengkap dengan penjelasan tentang sejarah dari masing-masing karakter yang sengaja dikarang oleh peneliti. Peneliti menamakan karyanya Devils Brigade yang artinya Pasukan Iblis. Iblis adalah makhluk dari golongan bangsa Jin (QS 18: 50) yang tidak mau melaksanakan perintah Tuhannya untuk sujud kepada nabi Adam (QS 7: 11). Kumpulan 12 karya peneliti diberi nama Devils Brigade karena tokoh-tokoh karakter yang dibuat merupakan makhluk yang telah mati dan hidup lagi di dunia ghoib sebagai roh yang bersifat jahat.

DAFTAR PUSTAKA
www.nyirorokidul.com
www.sains.me/1831/misteri-zombie-benarkah-ada.html
www.tausyah.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar