Senin, 30 Maret 2015

DEVIL’S BRIGADE

Ghost and Monsters Character


Berkat Rahmat Allah SWT, akhirnya buku yang berjudul “Devils Brigade” ini berhasil dicetak dengan kertas dan dengan tinta yang full colour. Ini merupakan semangat revolusi iseng daripada tidak mengerjakan apa-apa.

Buku “Devils Brigade” ini merupakan kumpulan dari 10 karya ilustrasi karakter monster yang keseluruhannya dibuat secara manual (Gambar tangan) dan digital (Komputer) pada bulan September 2011.

Arti kata “Devils Brigade” sendiri adalah Pasukan Iblis, dinamakan Pasukan Iblis karena secara fiksi masing masing karakter diberi sifat sebagai monster yang jahat, dan jika disatukan maka akan menjadi sebuah Pasukan yang berbahaya. Karakter tersebut diberi sifat jahat karena ketika dalam proses pembuatan ide bentuk dan ide cerita, banyak dipengaruhi oleh pemikiran - pemikiran negatif. Sehingga munculah ide-ide karakter makhluk yang oleh sebagian besar teman-teman saya, terkesan menyeramkan.

Sebenarnya, cerita pendukung yang ada diperbagian karakter hanyalah fiktif belaka. Hanya sebagai pelampiasan imajinasi yang terbelenggu. Dan juga sebagai proses pembelajaran saya dalam bidang menulis. Oleh sebab itu, mohon maaf yang sebesar - besarnya apabila tulisan dan gambar saya kurang berkenan dihati dan menakuti para pembaca.

Yogyakarta, 4 Februari 2015

OASISTA

Konon kataku, seekor monster betina yang berekor satu tanpa kaki ini telah hidup beratus ratus tahun lamanya disalah satu Gurun Pasir besar yang ada di Negara Mesir. Ia bernama Oasista.

Keunggulan monster kanibal ini adalah mempunyai mulut besar di bagian perut yang berisikan gigi gigi tajam (seperti Hiu) dan aneka macam bakteri (seperti Komodo). Dari dalam mulutnya yang nampak seperti pembuangan sampah itu, tercium bau yang sangat busuk, bahkan karena saking busuknya, lalat pun menghindarinya. Sedangkan topeng langka yang dipakainya tersebut merupakan topeng peninggalan kuno di jaman Fir’aun.

Aktifitas kesehariannya banyak dihabiskan dengan berendam di dalam sebuah sumur tua yang berada di tengah Gurun Pasir tersebut, sebuah sumur ghoib yang berdiameter tiga meter dengan kedalaman kurang lebih 1.404 meter, bahkan saking dalamnya, cahaya matahari pun tidak dapat membantumu melihat kondisi airnya.

Manusia-manusia yang tersesat dan kehausan adalah makanan utamanya, ia membunuh apabila ada manusia yang mencoba mendekati sumurnya, ketika si manusia telah berada di pinggiran tembok sumur lalu mulai menarik ember katrol, disitulah Oasista bersiap siap sambil duduk di atas ember yang secara perlahan membawanya menuju ke atas.

Apabila kamu menyempatkan diri bertamasya ke Gurun Pasir Mesir, jangan lupa mampir dahulu ke Negeri Arab, untuk menunaikan Ibadah Haji.

LARACK

Larack adalah sehantu yang berjenis kelamin wanita tua sekali, yang telah lama mati dan kemudian hidup lagi selama 237 tahun disebuah hutan subtropis di pedalaman Kepulauan Fiji Oceania. Nenek tua ini hidup tanpa kaki dan berjalan menggunakan kedua tangan anehnya dengan beralaskan mancung kelapa, dalam bahasa jawa dinamakan blarak.

Semasa hidupnya, Larack merupakan korban pembantaian para perampok, kaki dan tangannya menjadi saksi bisu kekejaman para perampok tersebut. Bahkan setelah kaki dan tangannya di potong, ia diperkosa secara bersamaan oleh para perampok kejam tersebut hingga meninggal dunia. Kemudian mayatnya digantung di ujung pohon kelapa menggunakan tali tambang. Setelah 57 tahun kepergian para perampok dari kepulauan Fiji, Larack bangkit kembali sebagai hantu yang membawa dendam dan siap untuk membunuh.

Saat ini aktifitas yang paling sering dilakukan si Larack adalah membasmi para Perampok. Sebaiknya kamu jangan menjadi perampok jika ingin hidup lama setidaknya 2 atau 3 hari ketika kamu tersesat di hutan kepulauan Fiji Oceania.

BUNCHIT

Konon kataku, Bunchit pernah ditemukan secara tidak sengaja disebuah pemakaman kecil yang rimbun dan lembab di Desa Penikel oleh seorang mahasiswa. Ketika pertama kali ditemukan, Bunchit sedang berjalan sendirian melewati perkemahan pada malam hari saat bulan sabit.

Jika dilihat dari bentuk anatominya, hantu yang berjenis kelamin laki-laki ini berjalan dengan kedua tangannya. Sedangkan kedua kakinya tidak dapat difungsikan sebagai mestinya, karena terlalu kecil dan tidak memiliki tulang yang kuat. Sesosok kepala kecil yang menempel di tangan kirinya merupakan teman abadinya. Itulah yang membuat si Bunchit terkadang tertawa cekikikan sambil mengayun-ayunkan perut buncitnya sebagai tanda kegembiraannya.

Konon kataku, setiap orang yang secara tidak sengaja mendengarkan tawa cekikikannya pada malam hari, maka orang tersebut akan kehilangan kesadaran hingga memunculkan imajinasi-imajinasi tentang cara bunuh diri terhebat. Pada akhirnya para korbannya tersebut tidak pernah ditemukan raganya.

ROLLA

Hantu wanita belia ini hidup sebagai akrobatik Sirkus di Dunia Ghoib. Dalam kegiatannya berakrobat, ia bermain dengan roda kecil ditangannya, menggelinding di sebuah kawat api berduri pada ketinggian 12 meter di atas permukaan panggung Sirkus.

Jika dilihat dari kondisi fisiknya, Kedua kakinya sudah tidak berfungsi lagi akibat terkena Tetanus saat dahulu menyeberangi lautan bersama kekasihnya. Walaupun kedua kakinya tidak berfungsi, namun gerakan tubuhnya terlihat sangat lincah ketika sedang beraksi menghibur para penonton Sirkus.

Para penonton yang sebagian besar di dominasi oleh manusia, benar-benar disuguhkan dengan atraksi-atraksi yang menakjubkan. Para penonton dibuatnya bergembira hingga lupa diri. Uniknya, tanpa disadari oleh para penonton, pertunjukan tersebut sesungguhnya berlangsung selama 29 tahun. Entah kenapa, setiap akhir pertunjukan, para penonton yang kehilangan kesadaran, saling membunuh satu sama lain. Siapapun yang berhasil bertahan hidup hingga akhir, akan diberikan hadiah unik berupa penyakit Skizofrenia.

Saat ini pertunjukan Sirkus Ghoib tersebut sudah jarang ditemukan karena tergerus era globalisasi.

LENTHERA

“Jangan pernah menatap cahaya lenteranya dikegelapan malam atau kau akan tersesat diantara Mati dan melayang-layang”. Sebuah pesan yang sebetulnya tidak perlu kamu anggap serius karena hanya fiktif belaka.

Alkisah, hantu wanita ini merupakan jasad dari seorang wanita cantik keturunan Belanda yang disiksa oleh tentara Jepang karena melakukan politik adu domba atau Devide et Impera terhadap tentara Jepang. Ia disiksa dengan cara menjepitkan besi silinder diantara paha dan betisnya, sehingga setiap rodanya berputar maka besi silinder tersebut akan melukai paha dan betisnya. Selain itu, kedua tangannya juga diikat ke belakang bersamaan dengan tiang penyangga lampu Lenteranya.

Cahaya lampu Lenteranya yang berwarna kuning ke emasan itu tidak pernah padam, walaupun hujan dan badai menerjang pun.

JHONES

Menurut cerita yang aku karang sendiri, Jhones merupakan hantu laki-laki dewasa yang semasa hidupnya sering melakukan seks bebas. Seks yang benar-benar bebas, tanpa aturan, tanpa logika. Selain dengan manusia yang berjenis kelamin perempuan, ia juga kerap melakukan seks terhadap binatang (Bestially), tumbuhan, udara dan benda mati. Benda mati yang dimaksud adalah, Jenazah atau mayat (Necrophilia).

Sehingga pada titik puncak kejayaannya, ia mendapatkan hukuman yang menyakitkan. Sekujur tubuhnya disiksa, bagian kepala disiksa menggunakan besi penjepit, lehernya berlapis besi yang dalamnya memiliki duri, tulang rusuk kanan dan kirinya ditusuk menggunakan samurai berkarat, perut bagian bawah dilubangi untuk mengeluarkan kotoran (Pengganti Anus), kedua kakinya dilipat dan diikat menggunakan kawat berduri, alat kelaminnya pun ditusuk dan diberi pemberat berupa guci untuk menampung nanah dan darah yang menetes dari lubang kelamin.

Hukuman tersebut membuatnya menjadi hantu yang abadi, sehingga aktifitas yang bisa ia lakukan hanyalah merintih menahan perih.

RUNNY

Runny adalah hantu yang terdiri dari 2 makhluk, yaitu lelaki kurus tinggi dan seekor burung unta tanpa kaki. Mereka berdua hidup berdampingan dan tak pernah terpisahkan selama lebih dari 872 tahun.

Runny sangat mahir menembak walaupun tidak bisa melihat, hanya burung untanya saja yang bisa melihat dan menunjukan jalan, bahkan dikegelapan malam, penglihatan burung untanya dapat mencapai radius 17 km.

Konon kataku, Kebersamaan mereka terjalin dengan baik karena dahulu Runny pernah menyelamatkan nyawa si burung unta dari serangan para pemburu. Sehingga membuat si burung unta mengabdikan diri untuk menjadi Navigator Runny yang memang tidak bisa melihat.

AMAZONERECTUS

Sesosok makhluk jantan yang ada di pedalaman hutan Amazon. Tubuhnya dipenuhi pernak - pernik seperti gembel yang ia dapatkan dari setiap orang yang ia bunuh. Selain itu ia juga mempunyai wajah yang dilindungi oleh kepala babi hutan yang telah memumi. Secara pengamatan ia tergolong makhluk pemakan segalanya baik matang, mentah atau pun busuk.

Diantara ke 10 karakter yang ada di buku ini, Amazonerectus adalah yang terkuat ke 2, karena memiliki bentuk anatomi tubuh dan kekuatan fisik yang lebih sempurna. Dia pun telah survival (Bertahan Hidup) di hutan selama 14.041.990 tahun. Alam dan waktu telah membuatnya menjadi yang terkuat.

Aktifitas yang paling sering ia lakukan adalah berburu (Manusia, Binatang dan Hantu). Sebelum memburu manusia, ia terlebih dahulu memburu binatang, seperti: Kelinci, Ayam, Kucing, Kera, Merpati, Kupu-kupu dll. Yang kemudian dilatih menjadi binatang buas yang haus darah dan sangat agresif terhadap manusia. Ia juga penguasa dunia hantu, eksekutor para hantu yang pembangkang dan Guru Besar para hantu di hutan Amazon. Namun dibalik sifat kejamnya itu, ia memiliki sebuah perasaan layaknya manusia. Kita menyebutnya “Cinta”. Cintanya yang begitu besar dan bertepuk sebelah tangan, ia curahkan kepada “Niponk”, sesosok makhluk sihir betina penguasa Pegunungan Himaguna yang sangat kuat. Telah beratus ratus tahun pula Amazonerectus telah mengejarnya namun selalu mendapat penolakan.

Langkah kakinya yang begitu cepat, menghasilkan bunyi yang khas “krak krak krak”.

ANGCRACK

Angcrack merupakan hantu bertopeng tengkorak yang hidup sebagai pendongeng di dunia Ghoib, ia menggunakan media boneka kayu aneh yang selalu ia bawa kemana pun. Setiap malam senin ia mendongeng tentang sejarah para hantu, dari asal usulnya hingga kebudayaannya. Dan yang paling ramai penonton adalah ketika malam bulan purnama, dimana ia berdiri di atas permukaan danau yang dikelilingi oleh rimbunnya pohon - pohon Baobab yang menjulang tinggi dan para penonton yang memenuhi area sekitar danau dengan membawa lilin merah, disana ia membawakan dongeng “Misteri Ana dan Jose” yang menceritakan tentang kisah perjalanan dua hantu dalam menyelidiki sebab - sebab kematian mereka, dengan bantuan sebuah buku catatan misterius yang mereka temukan di dasar lautan, tidak jauh dari tempat dimana kapal layar mereka tenggelam.

Dongeng malam bulan purnama tersebut juga selalu dimeriahkan dengan lantunan musik mendayu dayu yang terdiri dari bunyi - bunyian raungan 7 serigala, hentakan kaki roh prajurit, ringkikan kuda yang sakit, lonceng tembaga, gesekan dedaunan kering, patahan ranting pohon, rintihan tangis 3 roh gadis berkepala botak dan 14 roh pasukan seriosa wanita bergaun merah. Dayuannya menggema hingga ratusan kilometer.

NIPONK

Di antara 10 karya ilustrasi karakter yang ada di buku ini, Niponk menduduki peringkat pertama sebagai hantu yang terkuat dan terganas. Karena ia memiliki keunggulan pada ilmu sihirnya. Hutan besar yang ia tinggali mampu disulap menjadi Labirin kematian yang sangat luas.

Konon kataku, pernah ada 13 rombongan pendaki gunung yang tersesat, hilang dan belum ditemukan sampai sekarang, ke-13 rombongan itu mulai hilang ketika melewati 2 pohon Beringin besar yang kemudian masing - masing dari mereka memasuki dunia Labirin, 1 orang mendapatkan 1 Labirin Kematian yang akan membuat mereka berputar - putar hingga akhir hayatnya.

Menurut sejarah yang ada, Niponk merupakan sesosok hantu wanita yang telah berumur 10.000.000 tahun, 4.041.990 tahun lebih muda dari Amazonerectus, pemujanya. Wajah di balik topeng peraknya hanyalah ruang hampa, jadi jangan berharap kalian bisa melihat wajahnya.

Seluruh ilustrasi dan cerita hanyalah fiktif belaka, terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung, semoga bermanfaat.

2 komentar: