Minggu, 14 Agustus 2016

TUGAS AKHIR: PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MEWARNAI "VANDALISM FOR POSITIVE CHANGES" UNTUK MAHASISWA BARU DI STSRD VISI YOGYAKARTA


Karya Tugas Akhir Oleh:
Chandra Adi Wiguna
2016

LATAR BELAKANG
STSRD VISI Yogyakarta
Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi (STSRD VISI) Yogyakarta merupakan perubahan dari nama Akademi Desain VISI Yogyakarta yang didirikan sejak juli 1996. Program Studi yang dimiliki adalah Desain Komunikasi Visual yang terbagi menjadi dua jenjang, yaitu S1 (Strata 1) dan D3 (Diploma 3). Selain itu, DKV VISI membuka program Profesi, yaitu Program Profesi Desain Grafis (PPDG) dan Program Profesi Fotografi (PPF) selama satu tahun (2 Semester).
Mahasiswa Baru
Setiap tahunnya STSRD VISI Yogyakarta selalu membuka pendaftaran bagi calon-calon mahasiswa baru yang berniat dan berminat belajar keilmuan Desain Komunikasi Visual.
Remaja
Para pendaftar tersebut umumnya lebih didominasi oleh para pelajar yang baru saja tamat Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Skill Menggambar
Setiap pendaftar diwajibkan mengikuti beberapa macam tes masuk, salah satu tes tersebut adalah menggambar. Secara tidak langsung para pendaftar dituntut untuk dapat menguasai skill menggambar, sehingga para pendaftar yang berhasil lolos tes dan diterima sebagai mahasiswa baru di STSRD VISI Yogyakarta merupakan anak-anak yang dapat menggambar.
Padatnya jadwal kuliah
Mahasiswa baru secara tidak langsung harus saling menyesuaikan diri dengan keadaan disekitarnya yang jelas berbeda saat ketika masih dibangku Sekolah Menengah. Semester satu dan dua menjadi awal dimana masing-masing individu mulai diperkenalkan dengan beragam jadwal kegiatan kuliah yang padat, menguras tenaga dan pikiran. Hal ini dikarenakan mata kuliah yang ditempuh pada semester satu didominasi oleh mata kuliah praktik yang menjadi tugas pokoknya. Secara otomatis mahasiswa baru selalu membawa peralatan menggambar sebagai penunjang kegiatan praktika perkuliahan di dalam kelas, seperti: spidol, drawing pen, pensil, bolpoint, cat air, cat poster dan cutter.
Stress
Dengan padatnya tugas-tugas yang diberikan, ditambah dengan kondisi psikis yang masih tergolong labil, membuat mahasiswa merasa lelah dan bosan ketika berada di dalam kelas. Muncul perasaan stres pada diri masing-masing individu yang akhirnya berakibat pada perbuatan penyimpangan yang sifatnya negatif sebagai bentuk pelampiasan kejenuhan tersebut. Salah satu pelampiasan yang menonjol terjadi di STSRD VISI adalah aksi vandalisme.
Vandalisme
Vandalisme merupakan perbuatan merusakan terhadap segala sesuatu. Dalam hal ini adalah perilaku vandalisme terhadap fasilitas perkuliahan di kawasan kampus STSRD VISI Yogyakarta. Seperti coretan-coretan permanent berupa tulisan ataupun gambar yang terdapat pada meja, kursi, papan tulis dan dinding kampus. Hal ini disebabkan oleh rasa kebosanan mahasiswa saat proses perkuliahan berlangsung dan juga karena kurangnya media-media pendukung sebagai sarana realisasi karya. Sehingga mahasiswa melampiaskan karyanya di tempat-tempat yang tidak seharusnya.

Rumusan Perancangan

Tujuan Perancangan

Manfaat Perancangan

VANDALISME
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, vandalisme adalah perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya (keindahan alam dsb) atau perusakan dan penghancuran secara kasar. Berikut ini hasil dokumentasi yang menggambarkan beberapa aksi vandalisme yang ada di kampus STSRD VISI Yogyakarta:



REFERENSI PERANCANGAN


  • JURNAL“Fenomena Coretan dan Gambar Pada Meja Kelas di STSRD VISI Yogyakarta Tahun 2014". | Oleh: Budiman
  • BUKU MEWARNAI“Trend Buku terapi penghilang stress Untuk Orang Dewasa". | Penerbit: Gramedia
KONSEP ILUSTRASI
Konsep ilustrasi untuk isi buku menggunakan gambar-gambar yang berkaitan dengan kampus STSRD VISI. Hal ini supaya mahasiswa tidak merasa asing terhadap ilustrasi yang ditampilkan, dan juga untuk memberi informasi mengenai lokasi dan benda-benda yang rawan perbuatan vandalisme.

Ilustrasi dibuat berdasarkan obyek-obyek yang ada di kawasan kampus

JUDUL BUKU


ISI POKOK BUKU
Tipografi merupakan salah satu unsur penting dalam desain grafis. Karena fungsinya adalah menyampaikan suatu desain secara verbal dan visual dengan bersamaan. Berikut ini adalah kalimat-kalimat motivasi yang berada di setiap halaman buku:


Desain Tipografi

Contoh Ilustrasi

Contoh Ilustrasi


COVER & BACKCOVER BUKU

Cover buku menggunakan bahan hardcover dengan ketebalan 5 mm, agar buku tampak lebih kuat terhadap benturan maupun tekanan akibat kelalaian mahasiswa ketika menyimpan buku tersebut. Dan juga dengan adanya hardcover, dapat dijadikan sebagai alas saat mewarnai.

Konsep Cover

Konsep Backcover

Hasil akhir Cover dan Backcover

Hasil akhir isi buku

KESIMPULAN

Kampus STSRD VISI bergerak pada bidang seni rupa dan desain, namun tidak semua mahasiswa menekuni kegiatan mewarnai dan menggambar, terdapat juga mahasiswa yang lebih cenderung pada hobi fotografi, videografi, animasi dan lain sebagainya.

Sehingga media buku vandal dan mewarnai tidak dapat dipastikan akan digunakan secara maksimal oleh seluruh mahasiswa baru. Artinya, kemungkinan seluruh ilustrasi dalam buku mewarnai tersebut tidak seutuhnya diwarnai.

Namun setidaknya mahasiswa baru yang sudah memiliki buku mewarnai tersebut secara tidak langsung telah terdoktrin mengenai informasi dampak negatif vandalisme yang terjadi di kampus STSRD VISI Yogyakarta. Sehingga mahasiswa baru akan lebih peduli dan sadar tentang vandalisme di lingkungan kampus.

Penampakan Hasil Pameran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar