Kamis, 20 Agustus 2015

RERESIK TUGU JOGJA

PERANCANGAN GAME "RERESIK TUGU JOGJA" SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar dan kota budaya, sebuah kota yang juga memiliki banyak bangunan bersejarah peninggalan peradaban masa lampau, salah satunya yang paling terkenal dan juga sebagai icon kota Yogyakarta adalah Monumen Tugu Jogja. Sebuah monumen yang berdiri kokoh tepat di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro. Tugu Jogja yang berusia hampir 3 abad memiliki makna yang dalam sekaligus menyimpan beberapa rekaman sejarah kota Yogyakarta.

Tugu Jogja kira-kira didirikan setahun setelah Kraton Yogyakarta berdiri. Pada saat awal berdirinya, bangunan ini secara tegas menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti, semangat persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajahan. Semangat persatuan atau yang disebut golong gilig itu tergambar jelas pada bangunan tugu, tiangnya berbentuk gilig (silinder) dan puncaknya berbentuk golong (bulat), sehingga disebut Tugu Golong-Gilig.

Setiap harinya, Tugu Jogja selalu ramai oleh pengunjung, baik lokal maupun mancanegara. Karena begitu banyaknya wisatawan yang datang, akhirnya membuat kebersihan di kawasan Tugu Jogja kurang terjaga. Oleh karena itu, perlu adanya media iklan yang menjelaskan tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di kawasan Tugu Jogja. Salah satu media iklan yang dibuat adalah berupa Game Interaktif, sebuah game yang dapat memberikan suatu penghiburan bagi penggunanya dan sekaligus terdapat pesan positif di dalamnya. Sehingga pesan-pesan yang disampaikan dapat dengan mudah dicerna sekaligus dinikmati.

Game Interaktif ini diberi nama "Reresik Tugu Jogja", sebuah game sederhana yang diciptakan menggunakan program Adobe Flash yang hasilnya dapat dimainkan oleh semua kalangan masyarakat. Berikut ini merupakan rancangan desain storyboard game tersebut:

A.            COVER

B.            SINOPSIS

C.            COVER GAME

D.            KARAKTER

E.            PENDUKUNG

F.            BACKGROUND

G.            LEVEL 1

H.            LEVEL 2

I.            TAMAT

J.            BACKCOVER

Demikian lah rancangan konsep awal hingga akhir dari game “Reresik Tugu Jogja” yang sangat sederhana. Semoga bisa bermanfaat. Mohon maaf yang sebesar besarnya apabila terdapat tulisan atau gambar yang menyinggung hati para pembaca.

Music and Video By: Chandra Adi W


DOWNLOAD GAME  “RERESIK TUGU JOGJA” File RAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar