Kamis, 29 September 2016

DESAIN COVER BUKU

Desain cover buku, sebuah perjalanan grafis dari pengalaman kerjaku selama lebih dari dua tahun di perusahaan percetakan dan penerbitan di kota Yogyakarta. Selama bekerja, aku banyak menghabiskan waktu untuk mendesain cover buku, mulai dari buku novel, buku pengetahuan, jurnal hingga buku album kenangan.

Dalam proses perancangan cover buku, aku menggunakan program grafis CorelDraw. Alasan menggunakan program tersebut adalah agar memudahkan proses pra cetak. Maksudnya, CorelDraw memiliki fitur - fitur yang mudah dipahami seperti, membuat ukuran buku, membuat warna, dan membuat setingan desain pra cetak.

Dalam merancang cover - cover tersebut, aku melatih diri sendiri untuk bagaimana membuat desain cover buku dengan cepat, tepat dan teliti. Hal ini dikarenakan, banyaknya orderan cetakan buku yang harus dibuat. Sehingga hanya ada sedikit waktu untuk bisa menyelesaikan 1 cover buku. Pada artikel sebelumnya, aku sudah menjelaskan secara teori tentang bagaimana cara mendesain cover buku dengan cepat.

Nah.. berikut ini adalah sebagian besar desain cover buku yang pernah aku buat, baik yang sudah dipublikasikan ataupun yang belum dipublikasikan dari tahun 2013 hingga 2016.
















Demikian lah karya - karya cover buku yang bisa aku tampilkan sebagai dokumentasi sebuah perjalanan grafisku di bidang percetakan dan penerbitan. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi teman - teman semua khususnya yang tertarik di bidang desain grafis.

Oke.. sampai jumpa lagi dipertemuan berikutnya...

2 komentar:

  1. Bagus sekali pak, bias buat referensi desain..
    Maaf pak Chandra, mau Tanya, klau untuk membuat gambar vector itu apa bias dgn beizer ?
    Haturnuhun :-)

    BalasHapus