Kamis, 28 April 2016

UMBUL COKRO TULUNG KLATEN

UMBUL COKRO TULUNG - Pemandian Cokro Tulung merupakan sebuah pemandian yang terdapat di Desa Cokro Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Di pemandian ini terdapat kolam dengan sumber airnya yang berasal dari air tanah yang masih asli. Hal ini menciptakan kesegaran tersendiri apabila mandi di pemandian ini. Lokasi Umbul Cokro Tulung ini paling ramai dikunjungi ketika menjelang Bulan Ramadhan. Hal itu karena di Klaten ada tradisi bahwa sebelum melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan maka kita dianjurkan melakukan "Padusan". Padusan pada dasarnya kegiatan menyucikan jiwa dan raga kita dalam menyambut Bulan Puasa yang penuh berkah. Bahkan pada saat padusan anda dapat menikmati sajian orkes dangdut yang biasanya disediakan oleh pihak pengelola (tempatwisatadaerah.blogspot.co.id).

Wilayah Kabupaten Klaten diberkahi dengan sumber mata air yang deras. Diantara sumber air tanah itu dapat dimanfaatkan untuk irigasi sawah, Keperluan rumah tangga serta dimanfaatkan untuk air minum baik oleh perusahaan milik daerah maupun swasta. Beberapa umbul mata air di lereng Merapi ini dimanfaatkan sebagai kolam pemandian dan salah satu yang terkenal adalah Pemandian Cokro Tulung Klaten. Pemandian Cokro Tulung memanfaatkan sumber air dari Kali Busur yang terletak di Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Saat ini pemandian Cokro tulung menjadi salah satu wisata andalan di Kabupaten Klaten. Hal itu terlihat dari keseriusan pihak terkait untuk membangun kompleks wisata pemandian Cokro Tulung menjadi Obyek Mata Air Cokro Tulung (OMAC). Obyek ini dikembangkan sedemikian rupa menjadi kompleks wisata air atau Water Boom. Kompleks ini sendiri luasnya 15.000 meter persegi dan berlokasi kurang lebih 15 km dari Kota Solo. Untuk aksesnya dari Solo sangat mudah, yaitu dari Solo kearah Kartosuro, lalu belok kiri arah Klaten. Sebelum sampai Kota Klaten nanti belok kiri di Delanggu (tempatwisatadaerah.blogspot.co.id).

Minggu pagi, 20 Maret 2016 merupakan pengalaman perdana kami berwisata ke Umbul Cokro Tulung. Perjalanan diawali dari Yogyakarta - Pacitan - Wonogiri - Klaten, dalam rangka piknikan Kantor. Berikut hasil foto-foto perjalanan kami selama di Umbul Cokro Tulung:

Sarapan Bubur Ayam sebelum menuju Umbul Cokro Tulung

Bubur Ayam kaki lima di emperan ruko

Bermesraan sejenak dengan patung wayang

Pintu Masuk dan loket

Memasuki jembatan penyeberangan

Menyeberangi sungai

Mencari tempat duduk untuk menaruh barang bawaan

Wahana renang untuk anak-anak

Masih terlalu pagi, sehingga kolam belum terisi air
`
Cari tempat duduk dengan cara menyewa tikar

Suasana Kolam

Tersedia penyewaan ban

Banyak mba-mba penjual makanan dan minuman

Kondisi wahana masih sepi karena terlalu pagi

Menikmati kopi dan aneka gorengan

Ngopi dulu

Berendam di air yang dingin

Nggaya dikit, boleh laah...

Suasana kolam

Tetap waspada

Sumber air

Bisa juga dipakai mandi karena airnya selalu mengalir
Begitulah penampakan sebagian isi dari wisata Umbul Cokro Tulung dihari minggu 20 maret 2016. Sebetulnya masih banyak lagi wahana-wahana lainnya yang belum sempat di dokumentasikan karena keterbatasan kamera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar