Minggu, 29 Mei 2016

KOMIK TANPA KATA

KOMIK - adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita (Mizan Publishing). Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Seperti kita ketahui, komik berisi tentang sebuah cerita yang dikemas dalam bentuk ilustrasi adegan dan teks percakapan. Dalam komik, terdapat istilah panel. Panel merupakan potongan adegan pada bagian ilustrasinya. Artinya, dalam satu panel berisi satu adegan, sehingga dibutuhkan banyak panel adegan untuk membuat satu cerita. Selain itu ada pula istilah balon teks dalam komik. Balon teks merupakan ruang kosong yang sengaja dibuat untuk meletakan teks percakapan pada panel adegan, ruang tersebut biasanya berbentuk seperti balon.

Pada awalnya, komik banyak dicetak dalam bentuk buku hingga berjilid-jilid banyaknya. Namun, semakin bertambahnya tahun, komik mulai dipersingkat dan disederhanakan. Hingga hanya satu lembar saja, dan juga dengan alur cerita yang lebih singkat. Biasanya dalam satu lembar komik, berisi maksimal 6 panel adegan.

Saat ini, di sosial media seperti instagram, banyak akun-akun humor dan komedi yang menggunakan media komik untuk menyampaikan pesan atau cerita lucunya secara singkat dan sederhana. Komik tersebut memang terbukti laris dan mampu membuat pembacanya terhibur tanpa harus berpikir panjang.

Desain komik tanpa kata yang saya buat ini, mencoba untuk memisahkan 2 aspek penting dalam perancangan komik, yaitu aspek visual (gambar) dan verbal (teks). Saya mancoba membuat komik yang samasekali tidak menggunakan teks, baik percakapan maupun judul panel. Sehingga hal tersebut merupakan suatu tantangan, bagaimana cara membuat orang-orang yang melihatnya dapat mengerti dan memahami alur ceritanya. Apabila komik tanpa kata ini tidak bisa dipahami, berarti itu adalah kesalahan saya dan komik ini bisa dikatakan "gagal".

Tidak ada judul dalam komik ini, karena saya membebaskan judul komik ini sesuai dengan tafsiran masing-masing orang yang melihatnya. Berikut adalah hasil rancangan komik tanpa kata yang dibuat secara manual (gambar) dan digital (photoshop). Terdapat 4 halaman dengan 4 panel pada tiap - tiap halaman.

Sket hitam putih 1

Sket hitam putih 2

Sket hitam putih 3

Sket hitam putih 4
Sedikit bercerita mengenai proses perancangan. Perancangan komik ini menggunakan 2 tahapan teknik, yaitu manual dan digital. Berikut ini merupakan beberapa perlengkapan yang harus diperhatikan untuk merancang komik:
Manual:
  • Kertas hvs putih 80g / 100g ukuran A4.
  • Pensil 2B dan penghapus.
  • Mistar 30cm.
  • Drawing pen 0,4mm dan 0,1mm.
  • Spidol warna hitam.
Digital:
  • Scanner
  • Komputer / Laptop
  • Mouse / Pen tablet
  • Program Adobe Photoshop
Ketika mewarnai gambar di Photoshop, yang pertama kali dilakukan sebaiknya mewarnai keseluruhan obyek secara merata menggunakan warna flat / datar. Setelah semua obyek terisi warna, tambahkan warna gelap atau terang pada tiap - tiap obyek sesuai kebutuhan agar gambar nampak timbul. Berikut ini hasil komik yang telah diwarnai menggunakan Photoshop, selamat menikmati:


Komik tanpa kata #1

Komik tanpa kata #2

Komik tanpa kata #3

Komik tanpa kata #4
Begitulah komik tanpa kata yang saya buat, semoga mudah dipahami alur ceritanya. Adakah diantara kalian yang tahu ceritanya?

1 komentar: